contoh rpp ips kelas 8 ketika saya PPL dan lulus dengan nilai yang baik:

atau anda bisa mendownload file rtf nya disini

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP)

Nama Sekolah : SMP NEGRI 1CISEWU

Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial

Kelas /Smester : VIII/2

Alokasi Waktu : 2×40 Menit

Standar Kompetensi : Memahami Kegiatan Ekonomi Masyarakat

Kompetensi Dasar : Mendeskripsikan permintaan dan penawaran serta terbentuknya harga pasar

Indikator :

Dengan mengkaji informasi secara aktif dan kreatif siswa mampu Mendeskripsikan pengertian dan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan barang / jasa yang mempengaruhi permintaan

Tujuan Pembelajaran

Memahami pengertian permintaan

Menyebutkan faktor yang menyebabkan besar kecilnya permintaan

Mendeskripsikan faktor yang menyebabkan besar kecilnya permintaan

Memberikan contoh faktor yang menyebabkan besar kecilnya permintaan

Materi Pembelajaran

Faktor yang menentukan besar kecilnya permintaan

Harga barang dan jasa

Penghasilan masyarakat/konsumen

Intensitas kebutuhan konsumen

Harga barang dan jasa pengganti (substitusi)

Harga barang dan jasa pelengkap (komplementer)

Selera

Prakiraan harga di masa yang akan datang

Metode pembelajaran

Ceramah bervariasi, tanya jawab, diskusi, pendekatan CTL dan penugasan.

Langkah-langkah kegiatan

Langkah-langkah

Nilai karakter

waktu

Pendahuluan

Kegiatan awal

Mengucapkan salam

Berdoa

Mengecek kehadiran siswa

Apersepsi

Motivasi

Guru menginformasikan tujuan pembelajaranSopan santun

Religius

Disiplin

Komunikatif

Kritis

demokratis

10 menit

Kegiatan inti

 

Eksplorasi

Guru dan siswa sama-sama mencari penjelasan materi tentang pengertian permintaan dari sumber/media belajar

Guru dan siswa sama-sama mencari pengertian dan penjelasan mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dari sumber/media belajar

Elaborasi

Membagi siswa menjadi 4 kelompok dengan tugas menganalisis dan menyebutkan contoh faktor yang menentukan besar kecilnya permintaan

Siswa mengerjakan tugas (LKS) yang telah disiapkan terkait materi pembelajaran

Guru membimbing dan mengarahkan peserta didik dalam diskusi pada kelompok masing-masing

Tiap kelompok diberi kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya dan kelompok lain menanggapi, menyanggah, dan menyampaikan gagasan atu idenya.Kritis

Kreatif

Kerja keras, Komunikatif, kreatif, teliti, peka, cermat

Jujur, kreatif, teliti, kritis, komunikatif

Antusias, inovatif, kreatif

Bekerja keras

Disiplin

Antusias, konsisten, komunikatif, kritis, kreatif

60 menit

Kegiatan akhir

 

Konfirmasi

Guru bersama-sama dengan siswa membuat kesimpulan

Penilaian

RefleksiRasa ingin tahu

Kreatif

inovatif

10 menit

 

sumber dan media pembelajaran

buku sekolah elektronik (BSE) IPS kelas VIII, buku paket IPS yang relevan, internet, materi kuliah tentang mikro ekonomi.

Penilaian

Indikator pencapaian

Teknik penilaian

Bentuk instrumen

instrument

Menjelaskan tentang pengertian permintaan

Menyebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya permintaan

Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi besar kecilnya permintaanTes lisan

Tes lisan

Tes lisan Tanya jawab

Tanya jawab

Tanya jawab Apa yang di maksud dengan permintaan?

Sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi besar kecilnya permintaan

Kenapa harga BBM dinaikan? adakah kaitannya dengan permintaan?jelaskan!

NO.

NAMA

ASPEK YANG DI NILAI

JUMLAH NILAI

Partisipasi

Keaktifan

Keberanian

Presentasi

Keterangan : nilai maksimal setiap aspek = 25 (25 x 4 = 100)

Daftar nilai terlampir pada halaman terakhir

Guru Pamong

Maman, S.Pd

NIP. 196003021983051005

Cisewu 20, Maret 2012

Praktikan

Eka Suzatnika

NIM B1D 090 019

Kepala sekolah

SMP NEGERI 1 CISEWU

Drs. H. Jojon, M.Pd

NIP 19700671983031013

 

Monitoring

Drs. H. Oma Sumarna M.Mpd

NIP 1951608197421002

 

NO.

NAMA

ASPEK YANG DI NILAI

JUMLAH NILAI

Partisipasi

Keaktifan

Keberanian

Presentasi

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

11

12

13

14

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

Praktikan

Eka Suzatnika

NIM B1D 090 019

About these ads