ketemu lagi di GIMP dan kali ini saya akan memberikan sedikit sentuhan pada sebuah poto yang menurut saya kurang bagus, lalu apa yang akan kita lakukan?cekidot!

saya mempunyai sebuah photo seperti ini:

oke langsung saja pertama kita akan mengkoreksi warna dari poto ini dengan cara mengatur color level.

dan kemudian memilih auto level pada dialog color level, kemudian klik ok.

dapatkah anda melihat perbedaan dengan sebelumnya? tentu saja dan ini merupakan satu bukti bahwa GIMP tidak kalah dengan editor berlisensi mahal. langsung saja kelangkah berikutnya yaitu mengoreksi kecerahan gambar dengan tools curve yang berada di menu color sama seperti tools level tadi. dan kita akan mengatur curves menjadi seperti ini.

yupz betul sekali!emang gak begitu keliatan apa yang saya rubah dari curves ini, tapi yang jelas saya telah sedikit mengubahnya pada ujung garis atas dan bawah.

sampai disini perjalanan kita?  tentu tidak! disini saya memiliki inisiatif dengan keadaan warna langit dibelakang poto teman saya ini, yah begitu lah.  berikan saja layer baru. tentu sudah tau kan apa itu layer?kalo tidak tau googling dulu gih apa itu layer di GIMP, sedikit tips saya tekan saja kombinasi tombol ctrl+shift+n untuk membubuhkan layer baru pada poto ini,,,hehehe (lho ko hehehe) dan klik ok saja. oke sekarang kita akan mulai bekerja pada layer yang baru saja kita buat barusan, at first (so inggris) kita berikan gradient tools di toolbox.

tentukan warna dan jika tools ini sudah siap maka anda klik poto dibagian atas dan seret kebawah sehingga hasil gradient tool akan seperti ini.

oops abis deh potonya jadi ijo putih gitu….tapi santai saja karena masi ada langkah berikutnya yaitu meilih mode layer dari normal menjadi darken only…..

dan taraaa….. apa yang terjadi dengan poto anda?jika anda sudah melakukannya dengan benar maka seharusnya anda mendapati poto anda seperti ini.

bagaimana menurut anda?dan seharusnya anda mendapati hasil yang lebih baik dari ini.

sekian dari saya(yang potonya nunduk n kayak mau lari) semoga bermanfaat
sebaik-baiknya sesuatu didunia ini adalah kebebasan.

regard.