ketemu lagi dengan saya…..kali ini kita akan belajar menggambar dengan inkscape, taukah anda inkscape?inkscape adalah program aplikasi untuk membuat gambar mirip coreldraw, bedanya aplikasi ini tersedia secara gratis dan opensource. biasanya sih kalo orang indonesia paling seneng sama yang namanya gratis apalagi udah gratis aplikasi ini ternyata juga sangat handal tidak kalah dengan aplikasi sejenis yang harus dibayar mahal.. oke daripada kebanyakan intro langsung saja cekidot.
tutor ini berdasarkan tutor di blog sahabat webloger saya namun saya telah menambahkan beberapa modifikasi dalam menggambar dan cara saya menjelaskan kembali agar lebih mudah dipahami oleh newbie seperti saya.

1. saya asumsikan anda telah mempunyai inkscape dan terinstal dikomputer anda baik dengan os windows, linux ataupun mac.

2. kita buat sebuah lebar kerja baru, file-new dan terserah anda mau menentukan page ukuran apapun.

3. gambar segi empat (f4) dengan nilai w=300 dan h=30

4. selanjutnya kita gambar segitiga (*) dengan nilai w=60 dan h=30 dan beri warna kekuning-kuningan atau menurut selera dan imajinasi anda mengenai warna sebuah pensil. 5. klik pada segitiga lalu Shift + klik pada segiempat untuk seleksi kedua objek. Buka align and distribute dialog box ( Shift + Ctrl + A ) ganti ‘Relative to:’ dengan ‘Last selected’, klik pada ‘align tops’ lalu ‘align left sides of objects to right side of anchor’ ( pastikan klik segitiga dulu baru segiempatnya )

6. oke lanjutkan dengan imajinasimu. sekarang silakan buat gambar 3 buah elips dengan warna yang sama dengan segitiga yang kita buat tadi, jika sudah tumpuk ketiga elips tersebut serandom mungkin agar keliatan natural, dan jangan lupa seleksi ketiga elips tersebut lalu gabungkan dengan union ( Path -> Union atau Ctrl + + )
7. next, duplikasi segiempat ( Ctrl + D ). Seleksi segiempat dan elips ( Shift + klik ) lalu terapkan intersection ( Path -> Intersection atau Ctrl + * ). Hasil Intersection di union dengan segitiga.

8. masih bermain dengan imajinasi, seperti yang kita lihat pada gambar diatas pensil kita ternyata sudah hampir jadi dan mari kita lanjutkan berimajinasi. buatlah sebuah elips lagi namun kali ini kita sesuaikan warna elips dengan segi empat yang pertama kita buat dilanjutkan dengan menaruh elips tersebut tepa berada didepan segitiga ujung pensil Duplikasi segitiga dan seleksi elips ( Shift + klik ) lalu intersection ( Ctrl + * )

9. waw I think its so great, nice pensil. tapi masi ada yang kurang. mungkin imajinasi yang yang saya tuangkan masi jauh dari cukup. untuk menmbahkan gar hasilnya lebih “waw” sekarang kita akan beralih ke tools draw and bezier ato dengan kombinasi tombol shift+f6 dan buatlah garis putih seperti pada gambar.

10. dan akan lebih waw lagi ketika pada langkah ini pensil yang kita buat akan diberikan efek bayangan agar lebih real, gunakan lagi tools yang dipakai pada langkah no. 9 lalu buatlah sebuah gambar dengan warna hitam melingkari objek pensil bagian atas. Duplikasi segiempat dan segitiga lalu union keduanya. Setelah di union, intersect dengan objek hitam.

11. pada fill and stroke dialog box ( Shift + Ctrl + F ) isikan blur dengan nilai 2 dan master opacity dengan 15. ini untuk memberikan efek bayangan pada pensil.

12. langkah terakhir seleksi semua objek dan grup objek tersebut dan jadilah sebuah pensil. untuk mengubah warna silakan copas pensil tersebut dan edit warna sesuai selera dan imajinasi yang anda miliki.

regard

tingkat kecerdasan manusia berbanding lurus dengan apa yang ia imajinasikan. jangan mencoba menghentikan aktifitas imajinasi otak kita dan selamat berimajinasi dengan pensil yang telah anda buat.

dan ini pensil yang telah saya buat dala format .svg: http://www.4shared.com/rar/5KESbFYF/pensil_by_ekasvg.html