Siapa bilang dengan budget 5jt kita gak bisa bikin kompi gaming yang handal….?
cekidot kita akan meracik sebuah komputer gaming handal dengan budget 5jutaan:

  • Hal pertama yang harus kita tentukan adalah prosesor komputer karena bagian ini merupakan hal yang terpenting dalam memacu performa sebuah komputer, pada umumnya di indonesia ada dua vendor hardware prosesor ternama yaitu Intel dan AMD keduanya sama-sama bagus, namun dengan budget minim ini saya lebih refer ke AMD dengan budget murah dan sebanding dengan performa dan pada beberapa tipe terbaru dari AMD bekerja lebih dingin ketimbang rivalnya Intel, baiklah dengan beberapa pertimbangan dari berbagai situs yang mereview prosesor AMD maka saya memutuskan untuk memilih AMD athlon II x2 260 dengan clock speed yang lumayan tinggi yaitu 3.2 GHz dan masih bisa di overclock bagi yang memnggemari tweaking komponen ini.

553.000,-

  • Point kedua yang akan menjadi pertimbangan adalah memilih MoBo (motherboard). Berbenturan dengan alasan klasik yaitu masalah budget maka disini saya lebih memilih motherboard best value yang memiliki performa handal yaitu Biostar T-Series TA880GB+ AMD Socket AM3, motherboard ini sangat handal bagi para gamers mid end dengan kemampuan budget yang pas-pasan seperti saya

732.000,-

 

 

  • Point berikutnya yaitu memilih memory yang tentunya best value dan gak ngerusak kocek kita lebih dalam lagi. dan pada point ini saya berencana untuk memilih memory team extreme dark 2x2gb ddr3

299.000,-

 

 

  • Pada point ini kita akan memilih media penyimpanan data hdd, pada point ini pilihan kita jatuh pada Seagate SATA III 1TB 7200RPM, saya rasa media penyimpanan berkapasitas 1tb ini cukup untuk menampung banyak game berat beserta mentahan nya

1.036.000,-

 

 

  • Taraaaaa….hampir jadi….namun pada point kita akan membahas ujung tombak dari spesifikasi diatas, pada point ini kita akan membahas vga card untuk komputer game ini, kenapa saya sebut ujung tombak?karena komputer yang akan kita rakit adalah komputer gaming dimana kekuatan komputer ini di uji pada pada rating grafis dan hal ini ditentukan sebagian besar oleh vga card, dan kembali pilhan jatuh kepada vendor hardware biostar karena menurut saya vendor ini memiliki best price n best permormance yang sangat seimbang dan saya mengunggulkan ati radeon sebagai GPUnya setau saya untuk kelas mid end kebawah produk ati radeon mengungguli rivalnya nvidia, namun bukan berarti produk nvidia dikelas low-end kebawah jlek lho….semuanya bagus ko saya hanya rekomendasi dengan budget 5jt an tadi.

865.000,-

 

 

  • Kegiatan gaming juga tidak luput dari kegiatan instalasi software yang berasal dari DVD ataupun dari kegiatan burner data jika suatu saat kapasitas media penyimpanan yang kita miliki sudah over capacity mungkin kita dapat membakarnya kedalam beberapa keping dvd, oleh karena itu point ini kita akan memilih DVDroom/DVDwriter sebagai bagian dari perangkat gaming kita. cekidot dengan budget yang semakin menipis semakin tegang lah kita dalam mengurus kocek😀. dari itu kembali saya pilih perangkat best value Lite On DVDRW Sata 22x Oem Internal

168.000,-

 

 

  • Berikutnya adalah mengemas semua hardaware diatas kedalam sebuah case, siapa bilang case tidak penting?banyak perakit komputer yang berpendapat bahwa case tidaklah begitu penting dan beli lah yang paling murah, menurut saya case tetap menjadi prioritas yang tidak boleh dikesampingkan, pilihlah casing yang baik bukan yang mahal. kecuali jika anda memiliki budget lebih. case yang baik adalah case yang memiliki kabel manajemen yang yang baik, air circulation yang baik dan harga yang bersahabat. disebabkan beberapa faktor diatas maka saya memilih case power up 500w (jika dikemudian hari anda memiliki dana tambahan maka belilah power suply yang bagus jangan bawaan case)

192.000,-

 

 

  • Sebetulnya sampai disini komputer sudah jadi akan tetapi saya menambahkan beberapa peripheral lainnya seperti monitor LED demi memenuhi target dana sebesar 5 juta, dan saya memilih Samsung B1930 Size 18 inch cukup lebar bukan?

1.013.000,-

 

 

  • Berikutnya peripheral pendukung dan sangat penting yaitu keyboard dan mouse, saya tidak mau merakit komputer dengan memakai peripheral yang satu ini dengan part yang abal dan juga part yang harganya terlalu mahal, oleh karena itu kembali saya memilih part best performance n best price, banyak pilihan tentang part ini akan tetapi saya memilih gigabyte, janagn tanya mengapa karena saya memilih tanpa alasan yang spesifik jika anda mau bisa memilih dari merk lain seperti genius, simbada dll.

103.000,-

 

 

(harga diatas saya survey dari beberapa toko hardware online terkemuka seperti rakitan.com dan bhineka.com jika ada perbedaan harga silakan anda koreksi)